Tentang KSP

Mengenai KSP

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah banyak mempengaruhi kehidupan manusia, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Sebagai salah satu institusi pendidikan unggulan nasional, Universitas Indonesia, juga mulai memanfaatkan TIK untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Dibentuknya Kantor Sumberdaya Pembelajaran (KSP) di UI diharapkan dapat menjadi tulang punggung pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, seperti dalam e-learning maupun pembelajaran jarak jauh.

KSP UI atau Center for Learning Resources (CLR) berdiri sejak tahun 2007. Unit ini memiliki visi “to be an excellent unit in supporting learning process and knowledge dissemination based on modern learning technology” dan misi “to support teaching and learning process as well as to involve in capacity building by utilizing the learning technology and ICT”.

Secara garis besar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) unit KSP dapat digambarkan sebagai berikut:

  • E-Learning Help Desk . KSP berfungsi memberikan layanan konsultasi dan bantuan baik kepada dosen maupun mahasiswa di dalam pelaksanaan maupun pengembangan konten pembelajaran berbasis TIK dan e-Learning.
  • Capacity Building. Dalam hal ini, KSP berfungsi memberikan pelatihan bagi dosen dalam hal computer literacy, e-Learning dan pembelajaran berbasis multimedia serta dukungan dalam kegiaatan OBM terkait pembekalan materi TIK dan e-Learning bagi mahasiswa baru.
  • ICT Based Learning Services. Fungsi layanan dalam proses pembelajaran berbasis TIK disini meliputi memfasilitasi video conference, podcasting, aplikasi learning management systems (LMS), dan pengembangan konten (courseware) berbasis multimedia maupun e-Learning.
  • Managing ICT Based Learning Facilities. Fungsi ini meliputi pengelolaan GDLN center, mini studio pembelajaran, dan lab komputer PDPT. Pengelolaan disini termasuk juga kegiatan manajemen GDLN UI sebagai afiliasi jaringan GDLN Asia Pasific dan local node dari jaringan INHERENT-Dikti.

FUNGSI DAN PELAYANAN

Di dalam melaksanakan tupoksinya, unit KSP melakukan kerjasama dan dukungan dari unit-unit lain, seperti PPSI, Direktorat Pendidikan, Direktorat Pengembangan Akademik, dan Pusilkom UI. Khususnya dalam hal pelaksanaan e-learning, KSP telah melayani pembuatan mata kuliah melalui aplikasi LMS UI (SceLE). Lebih dari 1000 mata kuliah dan pelatihan bagi lebih dari 400 dosen dan 6000 mahasiswa (sejak 2007) telah dilakukan terkait dengan implementasi e-Learning di UI.

Sejak awal masa berdirinya, KSP telah melakukan banyak kegiatan-kegiatan, baik yang bersifat rutin maupun pengembangan. Beberapa contoh kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh KSP tiap tahunnya antara lain:

  1. Kegiatan pelatihan penyusunan modul berbasis TIK untuk para dosen di lingkungan UI
  2. Monitoring dan Evaluasi e-Learning
  3. Training Helpdesk MPKT A dan B
  4. Pelatihan Admin SCeLE Fakultas/Program
  5. Perekaman Kuliah untuk Menambah Koleksi Online Video Streaming

Personil KSP UI

IMGA0018
Kepala :
Gatot F Hertono
IMGA0012
Staf Administarasi :
Novianthi Dian Purnamawati
_DSC0291_resize
Staf Keuangan :
Dyaningsih Rini Hapsari
Yoni
Koordinator Pemasaran :
Ameriono Ismangil
IMGA0001-1
Sekretaris GDLN :
Dyan Ekawati
IMGA0002
Koordinator Program & Pengembangan :
T Ahmad Danial
Luwice
Koordinator Helpdesk E-Learning :
Luwice Ma’luf
_DSC0455_resize
Koordinator Operasional :
Rizqi Sani Hoerul Akbar
 
Triatmoko
Dukungan Pedagogi :
F. A. Triatmoko H. S.
DSC_0122_resize
Dukungan Pedagogi
 :
Jati Nantiasa Ahmad