Profil

Sebagai suatu institusi unggulan nasional, Universitas Indonesia memegang peran penting di dalam akuisisi, diseminasi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Hal ini menjadikan Information and Communication Technology (ICT) sebagai suatu faktor utama bagi UI untuk menjaga peran tersebut.

Sejalan dengan rencana strategis pengembangan ICT di Universitas Indonesia serta sebagai kelanjutan dari kegiatan Center for Learning Resources (CLR) DUE-Like UI, maka unit Pelayanan & Pengembangan Sumberdaya Pembelajaran (PPSP)/ Center for Learning Resources (CLR) UI dibentuk. Hal ini mengingat UI telah berkomitmen untuk menerapkan pendidikan berbasis ICT baik terhadap penyelenggaraan pendidikan dalam kampus maupun bagi mahasiswa di luar kampus.

Adanya infrastruktur yang telah terbangun dan fasilitas yang telah tersedia di lingkungan UI merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung beroperasinya unit PPSP ini. Sebagai contoh adanya IT Training Center (ITTC) dan GDLN merupakan sarana yang sangat terkait dengan pelaksanaan kegiatan di PPSP.

Secara garis besar, tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) Unit PPSP dapat digambarkan sebagai berikut:

  • E-Learning Help Desk . PPSP berfungsi memberikan layanan konsultasi dan bantuan baik kepada dosen maupun mahasiswa di dalam pelaksanaan maupun pengembangan konten pembelajaran berbasis TIK dan e-Learning.
  • Capacity Building. Dalam hal ini, PPSP berfungsi memberikan pelatihan bagi dosen dalam hal computer literacy, e-Learning dan pembelajaran berbasis multimedia serta dukungan dalam kegiaatan OBM terkait pembekalan materi TIK dan e-Learning bagi mahasiswa baru.
  • ICT Based Learning Services. Fungsi layanan dalam proses pembelajaran berbasis TIK disini meliputi memfasilitasi video conference, podcasting, aplikasi learning management systems (LMS), dan pengembangan konten (courseware) berbasis multimedia maupun e-Learning.
  • Managing ICT Based Learning Facilities. Fungsi ini meliputi pengelolaan GDLN center, mini studio pembelajaran, dan lab komputer PDPT.  Pengelolaan disini termasuk juga kegiatan manajemen GDLN UI sebagai afiliasi jaringan GDLN Asia Pasific dan local node dari jaringan INHERENT-Dikti.

Fungsi dan Pelayanan

Di dalam melakukan fungsinya untuk memberikan layanan, baik dalam lingkup internal UI maupun layanan eksternal, Unit PPSP memerlukan interaksi dan dukungan unit-unit lain, seperti IT Support (PPSI), Perpustakaan Pusat, Direktorat Pengembangan Akademik, Pusilkom UI dll.

Secara garis besar bentuk layanan dan interaksi yang dilakukan oleh Unit PPSP dapat diilustrasikan seperti pada Gambar di bawah ini.

 

  1. E-Learning Help Desk .  CLR (CLR berfungsi memberikan layanan konsultasi dan bantuan baik kepada dosen maupun mahasiswa di dalam pelaksanaan maupun pengembangan konten pembelajaran berbasis TIK dan e-Learning.
  2. Capacity Building. Dalam hal ini, PPSP berfungsi memberikan pelatihan bagi dosen dalam hal computer literacy, e-Learning dan pembelajaran berbasis multimedia serta dukungan dalam kegiaatan OBM terkait pembekalan materi TIK dan e-Learning bagi mahasiswa baru.
  3. ICT Based Learning Services. Fungsi layanan dalam proses pembelajaran berbasis TIK disini meliputi memfasilitasi video conference, podcasting, aplikasi learning management systems (LMS), dan pengembangan konten (courseware) berbasis multimedia maupun e-Learning.
  4. Managing ICT Based Learning Facilities. Fungsi ini meliputi pengelolaan GDLN center, mini studio pembelajaran, dan lab komputer PDPT.  Pengelolaan disini termasuk juga kegiatan manajemen GDLN UI sebagai afiliasi jaringan GDLN Asia Pasific dan local node dari jaringan INHERENT-Dikti.