Hibah SPADA Kemenristekdikti

Hibah Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia
Tahun 2018


Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Tentang Hibah SPADA

Sejak tahun 2014, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Dikti, melakukan rintisan pembelajaran daring. Pembelajaran daring tersebut dikenal dengan nama Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (SPADA Indonesia). SPADA Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan akses belajar mahasiswa diseluruh Indonesia terhadap mata kuliah bermutu dari perguruan tinggi-perguruan tinggi atau dosen-dosen yang bermutu pula. 

 

Pada tahun 2018, program SPADA Indonesia masih diarahkan pada peningkatan jumlah mata kuliah sekurang-kurangnya sampai dengan 127 mata kuliah (25 mata kuliah daring dan 102 mata kuliah hybrid/blended learning/terbuka). Menindaklanjuti hal tersebut, Pada tahun 2018, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menawarkan kembali hibah SPADA Indonesia. Hibah ini merupakan bantuan dana penyelenggaraan mata kuliah daring dan mata kuliah hybrid/blended learning/terbuka yang ditawarkan kepada seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Kategori Hibah

HIBAH MATA KULIAH DARING

Mata kuliah daring yang ditawarkan dalam bentuk alih kredit, yaitu program perolehan kredit mata kuliah yang ditawarkan bagi mahasiswa di luar perguruan tinggi pengusul

Hibah: Rp 26.000.000

HIBAH MATA KULIAH HYBRID

Mata kuliah hybrid/blended learning, yaitu proses pembelajaran kombinasi tatap muka dan daring yang diselenggarakan bagi mahasiswa internal di perguruan tinggi pengusul.

Hibah: Rp 10.000.000

HIBAH MATA KULIAH TERBUKA

Mata kuliah terbuka yang berupa materi kuliah utuh satu semester tanpa penyelenggaraan dan evaluasi hasil pembelajaran.

 

Hibah: Rp 10.000.000

JADWAL

1.Pengumpulan Proposal

Batas akhir pengumpulan proposal 7 Mei 2018 23:59 WIB

 

2. Seleksi Proposal

Seleksi proposal diselenggarakan pada minggu ke 2 bulan Mei 2018

3. Pengumuman

Proposal yang lolos seleksi diumumkan pada minggu ke 3 bulan Mei 2018

4.Tanda tangan kontrak

Penerima hibah melaksanakan penandatanganan kontrak di Kemenristekdikti pada minggu ke 4 bulan Mei 2018

panduan hibah

Di dalam Panduan Hibah Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia tahun 2018 terdapat informasi persyaratan hibah dan tata cara pendaftaran hibah.

Untuk mendapatkan Panduan tersebut, silahkan masukkan data berupa Nama Lengkap, Email Aktif dan Fakultas lalu klik “Download Panduan”

Kantor Sumber Daya Pembelajaran

Gedung A Perpustakaan Lama. Kampus Universitas Indonesia, Depok

Kontak

  • 021 - 78886707
  • ppsp@ui.ac.id