Penggunaan Chroma Pada Studio Depok DLC

Semenjak bulan Juli 2008, PPSP membangun sebuah kantor baru di dekat Perpustakaan Pusat UI. Kantor saat ini, yang terletak di gedung Pusat Administrasi Universitas lantai 7, sebentar lagi akan ditinggalkan.

Salah satu yang sedang dibangun di dalam kantor baru itu adalah sebuah mini studio. Studio ini difungsikan untuk kegiatan video conference, seperti video conference sosialisasi PHK-I 2009 dan sosialisasi e-learning UI yang baru saja dilaksanakan.

Untuk mendukung performa pembicara dalam video conference, digunakanlah sebuah teknik yang disebut chroma key. Singkatnya, chroma key ini adalah sebuh teknik untuk menggabungkan 2 buah gambar, dengan cara menghilangkan atau membuat jadi transparan warna di salah satu gambarnya, lalu memasukkan gambar yang satu lagi, di belakangnya. Biasanya, untuk latar belakang, digunakan layar berwarna biru atau hijau, atau biasa disebut bluescreen dan greenscreen.

Alat Chroma Key yang digunakan adalah Datavideo DVK-100. Sedangkan untuk latar belakang, dipilihlah warna biru tua.

Setelah beberapa kali ujicoba, ditemukan kesalahan yang harus dihindari dalam penggunaan chroma key ini, yaitu pembicara tidak boleh menggunakan barang berwarna biru. Akibat dari pemakaian barang berwarna biru adalah warna tersebut akan dihilangkan, kemudian digantikan oleh gambar yangsatu lagi. Berikut gambar kesalahan tersebut:

""

Pada gambar di atas, pembicara menggunakan baju biru, sehingga yang tampak hanyalah kepala dan tangannya.

Ujicoba kedua, pembicara menggunakan baju berwarna merah. Hasilnya adalah seperti yang terlihat di bawah ini:

Dan, berikut contoh video penggunaan chroma key di mini studio PPSP:

httpv://www.youtube.com/watch?v=z0Kau1drbic

You may also like...

Leave a Reply