Hibah Pengembangan Konten PDITT UI Tahun 2016

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah banyak mempengaruhi kehidupan manusia, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Universitas Indonesia, dalam rangka menjadi universitas kelas dunia juga mulai memanfaatkan TIK untuk menunjang kegiatan pembelajaran, seperti dalam e-learning maupun pembelajaran jarak jauh.
Dalam hal pelaksanaan e-learning, Universitas Indonesia telah mendapat mandat untuk melaksanakan kuliah daring yang dilaksanakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sebagai salah satu pelaksana awal Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT), dukungan civitas akademika UI sangat penting dalam mewujudkan program PDITT ini. Meski demikian, belum banyak yang memanfaatkan TIK untuk kegiatan kuliah daring, dimana dalam menjangkau peserta didik yang berada jauh dari kampus UI dan tidak dapat setiap saat mengikuti perkuliahan secara tatap muka. Melalui PDITT, UI dapat berkontribusi terhadap diseminasi pengetahuan ke lokasi-lokasi yang sebelumnya sulit terjangkau secara tatap muka. Diharapkan dengan meningkatnya kegiatan PDITT di UI, salah satu program yang termuat pada Renstra UI untuk memfasilitasi perluasan akses pendidikan dapat dipenuhi.
Dalam rangka mendorong dan memfasilitasi pengembangan mata kuliah daring (PDITT) di lingkungan Universitas Indonesia, pada tahun anggaran 2016 ini, Kantor Sumber Daya Pembelajaran (KSDP) UI menyediakan hibah yang ditujukan bagi pengampu mata kuliah yang berminat dan mampu mengembangkan konten dan merancang mata kuliah daring (PDITT).

Poster Hibah PDITT 2016

You may also like...