Hasil Monitoring & Evaluasi E-Learning UI 2013

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran berbasis e-Learning, unit PPSP melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap 801 mata kuliah yang menggunakan SCeLE pada tahun 2013.

Tujuan Monitoring & Evaluasi

Tujuan utama dari kegiatan monev tersebut adalah: (1) pemetaan implementasi e-Learning UI dan (2) melihat gambaran mata kuliah e-learning di UI, dalam aspek perencanaan, perancangan dan pembuatan materi, penyampaian, interaksi & evaluasi.

Monev tahun 2013 ini dilakukan secara online, menggunakan instrumen review yang diisi oleh reviewer dan kuesioner yang diisi oleh mahasiswa peserta kuliah. Instrumen review terdiri dari 12 item, sedangkan kuesioner terdiri dari 14 item dengan 6 poin pilihan jawaban.

Pada semester gasal, terjadi revisi borang karena adanya kuliah paralel seperti MPKT B, Ilmu Biomedik Dasar. Revisi dilakukan karena mayoritas aspek penilaian (perencanaan, perancangan dan pembuatan materi, penyampaian & evaluasi) sama untuk keseluruhan kelas. Aspek yang berbeda hanyalah aspek interaksi di dalam kelas. Review kemudian hanya dilakukan pada aspek interaktivitas di setiap kelas.

Proses Monev

Proses Monev

 

Objek yang akan dievaluasi adalah 801 mata kuliah di dalam SCeLE, 419 mata kuliah semester genap dan 382 mata kuliah di semester gasal.

Review dilakukan oleh tim yang terdiri dari ahli di bidang e-Learning, pengajar e-Learning, perwakilan Badan Penjaminan Mutu Akademik UI dan perwakilan Direktorat Pengembangan Akademik UI. Tim ini melakukan review selama bulan September hingga Desember 2013.

Hasil Review

Jika dilihat dari jumlah kelas di tiap fakultas atau kategori, kategori UI memiliki jumlah kelas terbanyak (n=188), diikuti oleh FMIPA (n=107) dan kategori Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) (n=104).

 

gbr2Gambar 2 Asal Fakultas

Dilihat dari persentase penggunaan e-Learning dalam perkuliahan, mayoritas masih menggunakan e-Learning antara 0-10% saja.

 

gbr3 Gambar 3 Persentase Penggunaan E-Learning

Dari aspek perencanaan, pengampu mata kuliah telah menyediakan Buku Pedoman Kerja Mahasiswa (BPKM) yang bisa diakses oleh mahasiswa (persentase ketersediaan=71% dan 55%). Jumlahnya lebih banyak dari tahun 2012 (persentase ketersediaan =46%).

gbr4Gambar 4 Perencanaan (BPKM)

Dari aspek penyampaian, penilaian paling tinggi pada tampilan kelas yang terstruktur atau sistematis (rata-rata=4,05 dan 3,06). Sedangkan penilaian terendah pada aspek interaksi di dalam kelas e-Learning (rata-rata=2,58 dan 2,63).

 

gbr5Gambar 5 Aspek Penyampaian

Dari aspek fitur yang digunakan dalam kelas SCeLE, fitur yang terbanyak digunakan adalah materi yang diunggah, tempat pengumpulan tugas online dan forum diskusi.

 

gbr6Gambar 6 Fitur di Kelas SCeLE

Dilihat dari aspek evaluasi, ada peningkatan dalam penyelenggaraan evaluasi hasil belajar dan evaluasi penyelenggaraan perkuliahan di kelas SCeLE.

 

gbr7Gambar 7 Evaluasi Hasil Belajar di SCeLE

 

gbr8Gambar 8 Evaluasi Penyelenggaraan

Hasil Kuesioner Mahasiswa

Kuesioner disebarkan sejak September hingga Desember 2013, dan diisi oleh 489 responden, baik itu peserta kuliah di semester genap maupun gasal.

Dari hasilnya, yang mendapatkan penilaian tertinggi yaitu aspek kesesuaian materi dengan rancangan pembelajaran (rata-rata=5,09), kebergunaan SCeLE di UI (rata-rata=4,82) dan aspek ketersediaan kuliah tatap muka (rata-rata=4,74).

Sedangkan penilaian terendah pada aspek kesulitan penggunaan SCeLE (rata-rata=3,00), adanya umpan balik secara online oleh dosen (rata-rata=3,66) dan kenyamanan ketika mengerjakan kuis melalui SCeLE (rata-rata=3,83).

 

gbr9Gambar 9 Hasil Penilaian Mahasiswa

Paparan hasil monev 2013

Hasil Monitoring & Evaluasi e-Learning UI 2013_publish

You may also like...