VC Pengampuan FKUI Departemen Mikrobiologi – “Basic Microbiology”

Jumat, 21 Februari 2014, Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia (Micro- UI) yang bertanggung jawab dalam penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya pada mikrobiologi klinis, mikrobiologi pangan, mikrobiologi lingkungan, mikrobiologi dasar, serta penelitian tentang berbagai jenis penyakit menular pada permasalahan kesehatan masyarakat Indonesia ikut berpartisipasi dalam kegiatan distance learning melalui video conference dimana mahasiswa Universitas Palangkaraya bertindak sebagai peserta perkuliahan. Kegiatan ini bertempat di  Ruang Video Conference GDLN, UI Salemba dengan tema “Basic Microbiology” dengan narasumber Dr. dr. Andi Yasmon, M. Biomed dari Departemen Mikrobiologi, Universitas Indonesia.

Dalam paparannya, narasumber menjelaskan tentang mikrobiologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang mikroba. Mikrobiologi merupakan salah satu cabang dari ilmu biologi dan memerlukan ilmu pendukung kimia, fisika dan biokimia. Mikrobiologi dasar melingkupi sejarah penemuan mikroba, jenis mikroba, struktur sel mikroba dan fungsinya, metabolism mikroba secara umum, pertumbuhan mikroba dan faktor lingkungan dan pengendalian mikroba secara fisik maupun kimiawi. Mikrobiologi lanjut telah berkembang menjadi bermacam-macam ilmu yaitu virologi, bacteriologi, mikologi, mikrobiologi pangan, mikrobilogi tanah, mikrobiologi industri, dan sebagainya yang mempelajari mikroba secara lebih rinci atau menurut kemanfaatannya.

Setelah pembahasan materi selesai, perkuliahan diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan harapan mahasiswa akan mengerti materi yang kurang jelas dan tetap berperan aktif di dalam kegiatan ini.

You may also like...