VC Pengampuan FKUI Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas – “The Role Of Family In Metabolic-Endocrine”

Rabu, 8 Januari 2014, Universitas Indonesia kembali mengadakan kegiatan distance learning melalui video conference dengan Universitas Palangkaraya. Kegiatan ini bertempat di  Ruang Video Conference GDLN, UI Salemba dengan tema “The Role Of Family In Metabolic-Endocrine” dengan narasumber Dr. dr. Fikry Effendi, MOH, SpOK dari Departemen Ilmu Kedokteran Komuitas dan mahasiswa Universitas Palangkaraya sebagai peserta kegiatan perkuliahan.

Dalam perkuliahannya, narasumber memaparkan bahwa peran keluarga terhadap kesembuhan pasien sangatlah penting. Family conference adalah salah satu rencana pengelolaan kesehatan pasien dengan cara berkomunikasi dengan pasien maupun keluarga untuk membahas informasi penting mengenai pengelolaan penyakit pasien atau disfungsi keluarga yang berhubungan dengan penyakit pasien. Family conference bertujuan untuk memberikan keyakinan keluarga dengan memberikan pemahaman tentang penyakit dan pengobatan yang dibutuhkan pasien,  meyakinkan kesembuhan pasien akan sesuai dengan harapan keluarga pasien, menghubungkan dukungan antara keluarga dengan pasien dengan berbagi harapan dan empati serta mempertahankan self-efficacy untuk mengelola kebutuhan pasien. Pada intinya, family conference berfungsi sebagai sarana untuk membahas rencana perawatan pasien dan pada saat yang sama membantu keluarga untuk mengoptimalkan manfaat bagi pasien, keluarga dan dokter.

Setelah pembahasan materi selesai, perkuliahan diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan harapan mahasiswa akan mengerti materi yang kurang jelas dan tetap berperan aktif di dalam kegiatan ini.

You may also like...