VC Pengampuan FKUI Departemen Fisika – “Produksi Panas pada Pre-diabetic”

Senin, 16 Desember 2013, Fakultas Kedokteran UI kembali mengadakan distance learning dengan fasilitas video conference yang bertempat di Ruang Video Conference GDLN, UI Salemba dengan tema “Produksi Panas pada Pre-diabetic” dengan narasumber Drs. Anwar Soefi Ibrahim, M. Eng, SC dari Departemen Fisika UI dan mahasiswa Universitas Palangkaraya sebagai peserta perkuliahan.

Dalam paparannya, narasumber menjelaskan tentang panas sebagai suatu bentuk energi. Panas mengalami perpindahan dengan bergerak dari obyek yang lebih panas ke obyek yang lebih dingin. Ada tiga bentuk perpindahan panas yaitu konduksi, konveksi dan radiasi. Konduksi termasuk perpindahan panas melalui kontak langsung yang akan terproses dengan baik bila tidak terdapat  insulator. Konveksi adalah pergerakan molekul-molekul pada fluida (cairan atau gas) dimana molekul-molekul bergerak dalam bentuk arus. Radiasi merupakan energi yang bergerak melalui media atau ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Pada bahasan ini, narasumber juga menjelaskan mengenai thermometer, satuan ukuran panas (kalori atau Joule), alat pengukur panas (kalorimeter), panas dan perubahan fasa, ekspansi panas, thermostat, konsep panas dan termodinamika serta kekekalan energi.

Pada akhir kegiatan, narasumber memberikan kesempatan kepada peserta perkuliahan untuk menyampaikan pertanyaan atau pendapat mengenai materi kuliah yang dibahas. Hal ini dapat membantu mahasiswa agar lebih aktif berpartisipasi dalam perkuliahan serta menambah wawasan bagi mahasiswa tersebut.

 

 

You may also like...