VC Pengampuan FKUI Departemen Ilmu penyakit THT – “Hearing Loss, Deafness and Delayed Speech in Children”

Rabu, 13 Nopember 2013, Departemen Ilmu Penyakit THT Fakultas Kedokteran UI ikut berpartisipasi dalam mengadakan perkuliahan jarak jauh. Kegiatan ini bertempat di Ruang Video Conference GDLN, UI Salemba dengan tema “Hearing Loss, Deafness and Delayed Speech in Children” dengan dr. Ronny Suwento, SpTHT-KL(K) sebagai narasumber dan mahasiswa Universitas Palangkaraya sebagai peserta perkuliahan.

Gangguan pendengaran (hearing loss) disebabkan oleh rusaknya salah satu atau beberapa bagian dari telinga luar, tengah atau dalam. Dalam kasus ini organ pendengaran masih berfungsi dengan atau tanpa alat bantu dengar sedangkan tuli (deafness) merupakan kondisi dimana tidak bisa mendeteksi suara pada volume apapun.

Keterlambatan berbicara (delayed speech) terbagi menjadi beberapa macam. Pertama adalah gangguan bicara, yang dapat dibagi lagi menjadi articulation disorders, fluency disorders and voice disorders. Articulation disorders mengacu pada masalah bahwa anak-anak memiliki suara yang berbeda, sedangkan fluency disorders juga dikenal dengan istilah gagap. Jika anak memiliki kesulitan mengeluarkan suara untuk bicara, hal ini mungkin termasuk ke dalam voice disorders. Jenis lain dari keterlambatan bicara adalah language disorders dimana masalahnya lebih berkaitan dengan memahami makna dan penggunaan kata-kata dan frasa yang berbeda daripada kemampuan untuk mengucapkan kata-kata.

Kegiatan perkuliahan berlangsung secara interaktif karena pada akhir kegiatan diadakan sesi tanya jawab antar mahasiswa dan narasumber sehingga mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan lebih dari materi yang sudah dibahas oleh narasumber.

You may also like...