VC Pengampuan FKUI Departemen Radiologi – “Neuroimaging”

Kamis, 28 Nopember 2013, Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran UI Salemba mengadakan perkuliahan jarak jauh melalui fasilitas video conference dengan mahasiswa Universitas Palangkaraya. Kegiatan ini bertempat di Ruang Video Conference GDLN, UI Salemba dengan tema “Neuroimaging” dengan dr. Rahmad Mulyadi, SpRad sebagai narasumber perkuliahan tersebut.

Dalam paparannya, narasumber menjelaskan tentang neuroimaging yang merupakan penggunaan salah satu teknologi yang dapat memantau perubahan struktur, fungsi atau farmakologi otak. Hal ini relatif baru dalam kedokteran dan neuroscience/psikologi. Berbagai alat yang termasuk ke dalam teknologi neuroimaging yaitu Skull X-ray, Computerised Tomography (CT) Scan, MRI, Magnetic Resonance Spectroscopy (MRS), Single Photon Emission Computed tomography (SPECT), PET, ultrasound, dan USG Carotis. Dokter yang mengkhususkan diri dalam kinerja dan interpretasi neuroimaging dalam pengaturan klinis disebut neuroradiologis.

Pekuliahan jarak jauh ditutup dengan sesi tanya jawab antar mahasiswa dengan narasumber. Hal ini dilakukan agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.

You may also like...