Seminar on “Astrophysics of White Dwarf, Pulsar and Black Hole”

Astrofisika adalah ilmu kuno. Pada awal peradaban, lukisan dari tujuh bintang yang ditemukan di dinding gua, dianggap sebagai keajaiban pemikiran manusia tentang angkasa. Astronomi modern dan astrofisika dimulai di empat dataran sungai utama, terutama: Yangtze Kiang di Cina, Ganga Jamuna-di India, Tigris-Efrat di Mesopotamia dan Nil di Mesir. Hal tersebut terkait dengan pengamatan langit untuk pertanian dan produksi tanaman. Dalam setiap 29 atau 30 hari bulan baru diamati-sehingga kalender lunar dikembangkan. dan, perubahan musiman terjadi pada 12 bulan, yaitu 12 X 30 = 360 hari, itulah tahun matahari.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekarang kita memiliki pengamatan yang lebih dalam mengamati ruang angkasa. Mayoritas pengamatan astrofisika yang dibuat menggunakan spektrum elektromagnetik. Pengamatan yang menggunakan ini adalah : Radio Astronomi, Astronomi Inframerah, Optical Astronomi, Ultraviolet, X-ray dan Gamma Ray Astronomi. Benda terpadu seperti white dwarfs, pulsars, quasars dan black holes adalah bagian penting dari objek astrofisika untuk penelitian saat ini. Lubang hitam supermasif memainkan peranan penting dalam pemahaman mengenai pembentukan galaksi di awal alam semesta. Old white dwarfs saat ini digunakan untuk mengkalibrasi usia alam semesta. Penyatuan dari neutron stars dan black holes merupakan menyebab dari timbulnya gelombang gravitasi yang terjadi secara intens, yang  dalam sepuluh tahun ke depan akan dapat di ukur dengan detektor gelombang gravitasi. Stellar evolution dan bentuk objek terpadu adalah topik utama pembahasan dalam pembicaraan ini. Prinsip cosmology dan pengamatan astrophysical yang berbeda juga akan dibahas lebih dalam seminar ini.

Pembicara
Profesor Mofiz Uddin Ahmed dari Departemen Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas BRAC, Dhaka, Bangladesh.

Beliau adalah astrofisikawan terkenal mengenai plasma, mendalami bidang pada objek plasma sekitar pulsar, bintang neutron dan lubang hitam dengan publikasi besar di Ulasan Fisik, Fisika plasma, Astrofisika dan Space Science. Beliau diberi Awards UGC pada tahun 2003 dan 2007 atas kontribusinya dalam ilmu astrofisika.

Acara akan dilaksanakan pada :
Tanggal : 29 Agustus 2013
Pukul     : 10.00 s.d 12.00 WIB
Tempat  : Gedung A lantai dasar eks. Perpustakaan Pusat UI
Ruang ITTC Lt. 1, Universitas Indonesia, Kampus Depok

Agenda Acara
2 jam sesi interaktif, penonton akan memiliki beberapa ide tentang ruang, objek bintang, pembentukan dan evolusi mereka, yang akan didukung oleh beberapa video. Prinsip-prinsip dasar kosmologi modern, ekspansi dan nasib akhir alam semesta, akan dipahami dengan cara yang sederhana.

Target Peserta
Sekolah, perguruan tinggi dan mahasiswa, guru, astronom amatir dan masyarakat umum dengan pikiran ingin tahu tentang ruang angkasa

Untuk mengikuti acara ini harap mendaftar dengan mengisi Form Pendaftaran

Daftar Disini
> Kapasitas 30 orang Peserta

Denah Lokasi Acara

Contact person:
1. Ameriono Ismangil
Telepon: 021-7888 6707 (Kantor)
08159904730 (Ponsel)
Email:Yoni@ismangil.com

2. Dyan Ekawati/Dimah Haryanti
Telepon: 021-31906164 (Kantor)
0815 904 8664 / 0899 987 3445 (Ponsel)
Email:dyan007@ui.ac.id / dimah.haryanti@ui.ac.id

You may also like...