VC Pengampuan FKUI Departemen Forensik – “Biologi Molekuler Forensik”

Rabu, 5 Juni 2013, Fakultas Kedokteran UI bekerja sama dengan Universitas Palangkaraya mengadakan distance learning  dengan tema “Biologi Molekuler Forensik” yang disampaikan oleh Wibisana Widiatmaka, SpF dari Departemen Forensik Universitas Indonesia. Pada kesempatan kali ini, narasumber memaparkan tentang ilmu forensik dan penggunaannya dalam membantu menangani kasus hukum serta dapat dijadikan barang bukti yang sah sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Biologi molekuler sebagai suatu ilmu pengetahuan yang dapat digunakan untuk pengidentifikasian dalam ilmu kedokteran forensik yang terkait dengan hukum. Dalam hal ini dibutuhkan prosedur yang baku dan teruji tentang barang bukti, keaslian sumber bukti yang akan di periksa.

Beberapa kasus yang dapat ditangani menggunakan ilmu pengetahuan biologi molekuler dalam ilmu kedokteran forensik adalah kemampuan identifikasi pada mass disaster, indentifikasi bahan biologik pada tubuh korban kejahatan, indentifikasi bahan biologik pada TKP dan paternity testing pada kasus bayi tertukar.

Secara keseluruhan perkuliahan berjalan dengan lancar. Hal ini terlihat dari antusiasme  peserta perkuliahan yang juga berperan aktif dalam sesi tanya jawab yang diadakan di akhir perkuliahan.

You may also like...