Studium General VC Fakultas Kedokteran UI “Pemantauan Tumbuh Kembang & Antenatal Care”

Kamis, 25 April 2013, Fakultas Kedokteran UI Salemba mengadakan Studium General Video Conference dengan tema “Pemantauan Tumbuh Kembang & Antenatal Care”. Kegiatan ini bertempat di Ruang Video Conference GDLN, UI Salemba dengan peserta kegiatan yang berasal dari Universitas Tanjungpura, Universitas Bengkulu, Universitas Palangkaraya dan Anatomi Ui.

Perkuliahan umum dibagi menjadi dua sesi dengan  narasumber pertama yaitu Dr. Ali Sungkar, SpOG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang membahas tentang perawatan antenatal yang melibatkan kunjungan rutin ke dokter atau bidan, pemeriksaan perut, tes darah dan urin dan pemantauan tekanan darah dan pertumbuhan janin untuk mendeteksi penyakit atau masalah potensial.

Sesi kedua dilanjutkan dengan membahas “Pemantauan Tumbuh Kembang Balita” yang disampaikan oleh DR. Dr. Rini Sekartini, SpAK dari Fakultas Kedokteran Indonesia. Dalam paparannya, narasumber menjelaskan tentang kebutuhan dasar tumbuh kembang anak, gangguan dan periode emas pertumbuhan anak dan faktor genetik & fisikobiopsikososial pada anak.

Antusiasme peserta terlihat selama kegiatan perkuliahan berlangsung karena setiap mahasiswa dari universitas peserta diberikan kesempatan untuk bertanya atau meyampaikan pendapat kepada narasumber. Semoga dengan sistem perkuliahan ini dapat membantu tercapainya sistem pembelajaran berbasis ICT yang efektif dan efisien.

You may also like...