Pembukaan OSN Pertamina 2012

Selasa, 4 September lalu di UI diadakan sebuah acara yang cukup penting, yaitu pembukaan OSN Pertamina 2012. Pembukaan acara ini disiarkan dari PPSP UI melalui video streaming ke 30 studio dan Dikti. Pembukaan OSN Pertamina dilakukan oleh Dirjen Dikti yang sekaligus PJS Rektor Universitas Indonesia, yaitu Bapak. Ir. Djoko Santoso. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa OSN tahun ini bertema permasalahan yang kita hadapi. Antara lain, terkait dengan energi atau lingkungan. Jika kita ingin energinya sustainable, lingkungannya juga harus sustainable. Bapak Djoko berpesan, jika kita bekerja di dunia sains, kita harus tekun dan sabar. Melalui proses yang panjang, baru kita mencapai sebuah inovasi. Inovasi bisa terjadi jika kita melakukan riset. Oleh karena itu, melalui OSN ini, kita ingin membangkitkan jiwa dari mahasiswa untuk melakukan berbagai upaya berkaitan dengan riset dan memunculkan generasi yang siap berinovasi. Target peserta pada OSN Pertamuna tahun 2012 ingin melebihi 16.700 peserta, ini adalah jumlah peserta tahun lalu.

Setelah Bapak Djoko Santoso menyampaikan sambutannya, berikutnya Mas Ali dari Pertamina juga menyampaikan kata-katanya pada pembukaan OSN Pertamina ini. Ia menekankan bahwa Sumber Daya Manusia di bidang migas sangat diperlukan, bahkan di seluruh dunia. Pertamina sendiri melakukan pembinaan dari level mahasiswa. Dengan OSN ini diharapkan mahasiswa tertarik pada bidang energi. Visi Pertamina sendiri adalah perusahaan energi nasional kelas dunia. Di tahun 2025, mudah-mudahan bisa jadi perusahaan yang energizing Asia. Pertamina juga berharap peserta OSN dapat menjadi sumber energi baru untuk BUMN energi ini.

Mas Ali ini juga menyampaikan perbedaan OSN tahun ini dengan tahun lalu. Tahun ini ada tambahan kategori Best Science Project. Ada pula kunjungan lapangan ke area operasi Pertamina, yaitu di Kamojang, bagian panas bumi (geotermal), dimana Indonesia merupakan pemilik panas bumi terbesar di dunia, hanya saja pemanfaatannya masih sangat rendah. Pada final OSN 2012 akan diadakan juga penanaman pohon di kampus UI, dimana pohon yang ditanam merupakan pohon yang produktif dan langka. Ini merupakan salah satu langkah Pertamina dalam mencapai target menanam 15 juta pohon.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan menyapa universitas-universitas peserta OSN Pertamina 2012 yang terhubung pada video streaming. Dengan selesainya pembukaan OSN Pertamina maka olimpiade pun resmi dilaksanakan. Acara penganugerahan pemenang akan diadakan pada 30 November 2012. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi www.osnpertamina.com. Selamat bertanding kepada seluruh peserta OSN Pertamina 2012. Semoga tujuan utama acara ini tercapai dan bukan hanya meraih kemenangan. 🙂

You may also like...

Leave a Reply