Pembukaan Pelatihan Penyusunan Modul Berbasis TIK 2012

Hari yang dinanti akhirnya telah tiba. Pelatihan Penyusunan Modul Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimulai sejak hari Senin, 16 Juli 2012 hingga Jumat, 20 Juli 2012. Pelatihan ini dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Muhammad Anis M.Met. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Beliau menyampaikan pentingnya pelatihan ini dikarenakan pendidikan berbasis TIK sudah tidak dapat dihindari. Para dosen, sudah sewajarnya menguasai metode pembelajaran berbasis TIK untuk menyiapkan anak didiknya dalam berkompetisi hingga 20-30 tahun ke depan. Akhir sambutan Bapak Anis sekaligus meresmikan pembukaan pelatihan ini.

Pembukaan dilanjutkan oleh Bapak Drs. Gatot Fatwanto Hertono M.Sc., Ph.D. yang sekaligus merupakan Kepala Pelayanan dan Pengembangan Sumber Daya Pembelajaran. Bapak Gatot menyampaikan secara singkat garis besar dari pelatihan ini. Pelatihan Penyusunan Modul Berbasis TIK ini memiliki tiga tujuan:

  1. Memperkenalkan e-learning sesuai standar mutu e-learning UI
  2. Mempersiapkan bapak/ibu pendidik jika suatu saat menginginkan pendidikan jarak jauh
  3. Memperkenalkan fasilitas e-learning di UI

Dengan adanya e-learning ini diharapkan ada peningkatan kualitas pendidikan yang berdampak lebih baik pula terhadap mahasiswa. Kualitas dari metode tatap muka ditingkatkan, menjadikan proses belajar lebih efektif, mengirimkan materi belajar dengan kualitas yang sama meskipun akses dan peserta kuliah lebih besar adalah beberapa manfaat dari e-learning.

Beliau juga menyampaikan bahwa metode e-learning merupakan perwujudan dari Peraturan Menteri No. 24/2012 tentang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). PJJ adalah pendidikan yang peserta didik nya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi dan komunikasi, dan media lain.

Bapak Gatot melanjutkan dengan menjelaskan mengenai pelatihan ini. Ada sekitar 21 peserta yang berasal dari FKM, FT, Pasca Sarjana, FIK, FIB, FE, FF, FMIPA, FK, FKG, F. Psikologi. Mayoritas peserta ingin mengikuti pelatihan karena ingin meningkatkan pembelajaran melalui media internet dan harapannya dapat menerapkan metode ini langsung pada kuliah.

Berakhirnya sambutan Pak Gatot sekaligus tanda bahwa Pelatihan Penyusunan Modul Berbasis TIK resmi dimulai. Pelatihan ini akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 20 Juli di Lab PDPT Gedung Eks. Perpustakaan Pusat UI Depok, pukul 08.00-16.00. Rincian jadwalnya adalah sebagai berikut:

  • Senin, 16 Juli 2012, Pengenalan E-Learning oleh Prof. Dr. Paulina Pannen
  • Selasa, 17 Juli 2012, Penggunaan SCeLE oleh Luwice Ma’luf, M. Kom, Koordinator Help Desk E-learning di Pelayanan dan Pengembangan Sumber daya Pembelajaran (PPSP)
  • Rabu, 18 Juli 2012, Evaluasi Belajar Menggunakan SCeLE oleh Nurul Arbiyah, S. Psi., M. Psi., dosen Program S1 F. Psikologi Universitas Pancasila dan Presentasi & Roleplay Video Conference oleh T. A. Danial, Koordinator Program CLR UI
  • Kamis, 19 Juli 2012, Sharing Penggunaan SCeLE oleh Dra. Bevina Desjwiandra H M.Sc., Ph.D., dosen FMIPA UI
  • Jumat, 20 Juli 2012, Isu HKI dalam E-Learning oleh Dr. Edmon Makarim S.Kom., S.H., LL.M, dosen FHUIPembuatan Materi Multimedia oleh Luwice Ma’luf, M. Kom, Koordinator Help Desk E-learning di PPSP, dan dilanjutkan oleh Penutupan.

Mari memajukan pendidikan Indonesia dengan e-learning! 😀

You may also like...

Leave a Reply