Oleh-oleh Penutup Dari Workshop “Internet for Research”

Selesai suda kegiatan workshop “Internet for Research” yang diadakan oleh SEAMOLEC. Di empat hari terakhir,para instruktur yang berasal dari Open University of Malasia (OUM) menjejali kami dengan berbagai macam hal yang berhubungan dengan penyusunan sebuah proposal penelitian dengan tema e-Learning.

Setelah 2 hari berkutat dengan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses analisa dan pengetikan sebuah penelitian, kini kami diajak untuk menyusun sebuah proposal penelitian. Tema penelitian yang musti kami susun kali ini adalah e-Learning. Untuk materi ini, pihak penyelenggara tidak main-main, instruktur yang dihadirkan adalah mereka yang memang dalam kesehariannya adalah peneliti dalam bidang tersebut: Prof. Dr. Zoraini Wati Abas dan Dr. Tina Lim Swee Kim dari Open University of Malaysia.

Untuk struktur penulisan proposan penelitian e-Learning tidak berbeda dengan proposal penulisan penelitian lainnya. Mulai dari Pendahuluan, Teori, hingga Metode Analisis, ditambah dengan Timeline dan Anggaran tentunya. Perbedaan yang ada tentulah ada pada ruang lingkup penelitiannya. Di dalam penelitian mengenai e-Learning, ada tiga kerangka utama tema:

1. Peserta ajar (Learner)
2. Pengajar/Fasilitator (Facilitator)
3. Sumber (Resources)
+4. Ling

kungan pembelajaran (Learning Environment)

Sedangkan untuk ruang lingkupnya, serupa dengan penelitan-penelitian bertemakan pendidikan, adalah input, process, dan outcome/output.

Dengan tiga (+1) tema besar dan tiga ruang lingkup, tentunya ada banyak sekali judul penelitian mengenai e-Learning yang dapat diambil. Mulai dari kesiapan (readiness), penerimaan teknologi (technology acceptance), tingkat penggunaan (level of use/stage of concern), hingga evaluasi pembelajaran berbasis e-Learning (evaluation of e-Learning process).

Materi diakhiri dengan penugasan pembuatan proposal penelitian. Selama satu 2 hari (Jumat-Sabtu) kami, dibimbing oleh kedua instruktur, berjibaku mengerjakannya. Pada beberapa jam awal, kami diminta untuk memilih topik, lalu menulis latar belakang, permasalahan, dan tujuannya. Lalu setelah itu, secara perlahan kami dibimbing untuk mulai melengkapi proposal kami dengan kerangka konseptual (teori) dan variabel-variabelnya. Pembimbingan dilakukan secara individual, selain itu juga ada semacam peer review yaitu penilaian atau masukan dari peserta lain.

——–

Sabtu siang kegiatan pun berakhir. Setelah foto-foto dan penyerahan sertifikat, workshop yang telah berjalan selama 6 hari pun ditutup.

Sekian 🙂

zp8497586rq

You may also like...