Oleh-oleh Workshop “Internet For Research” [Hari 1]

SEAMOLEC, bekerja sama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia, dan Open University of Malaysia, mengadakan pelatihan yang bertajuk “Internet for Research”.  Pelatihan ini diadakan di Gd. SEAMOLEC, Universitas Terbuka, Pondok Cabe, pada tanggal 18-23 Oktober 2010.

Pelatihan selama 6 hari ini akan difokuskan untuk memperkenalkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses penelitian dan membuatnya menjadi makin efektif serta efisien. Hal tersebut ditujukan  terutama untuk proses pencarian literatur dan penulisan penelitian.

Hari pertama dibuka dengan perkenalan semua pihak, baik penyelenggara, instruktur, maupun peserta. Ada 2 materi yang diberikan hari ini: GoogleScholar dan EndNote.

GoogleScholar
http://scholar.google.co.id/

Aplikasi berbasis web ini merupakan salah satu produksi Google. Jika dilihat penampakan mukanya, hampir tidak terlihat perbedaannya dengan halaman muka Google. Memang sebenarnya aplikasi yang masih berstatus “Beta” ini juga mesin pencari, namun logika pencarian yang digunakannya difokuskan untuk memberikan hasil-hasil yang berbau ilmiah, seperti artikel buku, abstrak, artikel jurnal, bahkan skripsi maupun tesis.

Sebenarnya, apa yang dilakukan oleh GoogleScholar bisa kita lakukan secara manual melalui mesin pencari biasa dari Google, namun tentunya akan memakan waktu yang relatif jauh lebih lama. Setiap hasil yang diberikan melalui GoogleScholar memang dijanjikan dapat digunakan sebagai bahan referensi penelitian yang sedang kita lakukan. Kita tinggal memilih salah satu hasil yang diberikan, membacanya, lalu menyimpan ke dalam komputer.

Perintah yang digunakan untuk mempersingkat pencarian sama persis dengan yang digunakan di mesin pencarian biasa Google. Hal yang menarik adalah dalam pengaturan preferensi, hasil pencarian masih bisa kita persempit lagi berdasarkan ASAL PERPUSTAKAAN: tinggal klik link Scholar Preferences yang ada di sudut kanan atas, ketik perpustakaan mana yang kita inginkan, lalu pilih dari daftar yang muncul. Selain itu, pada menu Advanced Scholar Search hasil pencarian dapat kita persempit lagi ke dalam TAHUN PENERBITAN dan BIDANG (apakah pertanian, psikologi, kedokteran, atau lainnya).

Satu tambahan yang bisa kita nikmati dari GoogleScholar adalah disediakannya pilihan untuk mengimport hasil pencarian langsung ke dalam DATABASE REFERENSI. Ada lima format database yang disediakan: BibTeX, EndNote, RefMan, RefWorks, dan WenXiangWang. Fasilitas yang bisa dipilih di dalam “Scholar Preferences” ini dapat digunakan dengan langsung mengklik menu yang ada di bawah setiap hasil pencarian

Jika Anda adalah akademisi yang sudah merasa bahwa Google sangat mempermudah penelitian Anda, maka Anda tersenyum lebar ketika menggunakan GoogleScholar 🙂

EndNote
http://www.endnote.com/

Materi kedua diberikan setelah makan siang. Sangat beruntung instruktur dapat menguasai kelas dengan cukup baik, sehingga para peserta dapat melupakan rasa kantuk yang perlahan menyerang.

Pertama-tama kami dipandu untuk mengimport sejumlah referensi dari beberapa database online, seperti GoogleScholar dan The ACM Portal. Setelah itu, para instruktur dengan sangat sabar memandu kami untuk mulai membangun database referensi masing-masing dengan menggunakan aplikasi EndNote versi X3 yang paginya telah di-install di komputer masing-masing.

Jujur banyak dari antara kami yang awalnya merasa bahwa aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk mereka yang belum terbiasa membuat daftar pustaka dalam penulisan. Kami, yang setidaknya terbiasa membuat sebuah karya tulis, sudah sangat yakin dengan kecepatan dan konsistensi kami dalam membuat daftar pustaka. Akan tetapi, setelah mencoba menggunakan langsung aplikasi, pendapat kami segera berubah.

Memang proses awalan sedikit memakan waktu, mungkin karena belum terbiasa. Namun setelah database terbangun, proses citation terasa sangat cepat. Selain itu, format penulisan database yang tersedia juga sangat beragam. Anda tentunya dapat memilih format mana yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di fakultas masing-masing.

Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa kami miliki dan harus segera di-uninstall setelah pelatihan karena lisensinya terbatas. Jika Anda ingin mencobanya, bisa segera langsung melirik situsnya dan menikmati trial version-nya selama 30 hari.

Sekian untuk hari ini. Materi esok: e-surveyor/e-questionnaire

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.