Memaksimalkan Webmail UI [seri 2]

Pada seri sebelumnya saya telah menerangkan bagaimana ‘menarik’ Webmail UI Anda ke Yahoo!. Kali ini, saya akan memberikan panduan bagaimana melakukan hal yang serupa di dalam akun Gmail.

Dalam segi tampilan, sekilas Webmail UI mirip dengan Gmail yaitu sederhana dan tidak dipenuhi oleh iklan. Oleh karenanya, bagi yang akrab dengan tampilan Gmail sebenarnya tidak akan banyak mengalami gangguan visual bila mencoba Webmail. Namun jika tetap ingin mengintegrasikan keduanya, mari kita lakukan cara-cara berikut ini.

1. Buka akun Anda, baik Gmail maupun Webmail UI

2. Kita fokus terlebih dahulu pada akun Gmail. Klik opsi Setting pada pojok kanan atas.

gmail - inbox

3. Pada menu ‘Setting’ pilih tab Account and Import.

gmail - setting

4. Bagian A merupakan pengaturan untuk  mengirim e-mail atas nama alamat e-mail kita yang lain [dalam hal ini adalah Webmail UI]. Sedangkan bagian B merupakan pengaturan untuk menarik semua surat-surat yang masuk ke alamat Webmail UI Anda.

5. Untuk yang pertama, kita masuk ke bagian A. Klik Send mail to another address.  Isi alamat e-mail Webmail UI Anda. Setelah itu, Gmail akan mengirimkan verifikasi ke Webmail UI Anda.

akun - verifikasi

6. Buka akun Webmail UI Anda. Buka pesan verifikasi dari Gmail, lalu klik link yang diberikan melalui pesan tersebut.

7. Selamat, Anda sudah bisa mengirim e-mail atas nama Webmail UI melalui Gmail. Sekarang tinggal mengatur agar pesan-pesan yang ditujukan ke Webmail UI Anda masuk ke dalam Gmail.

8. Untuk melakukan hal itu, kita masuk ke bagian B. Klik Add POP3 email account. Isi alamat Webmail UI Anda, lalu username (1) dan password-nya (2).

akun - pop3

[saran saya, berikan tanda centang pada ‘Label incoming Message” agar Gmail memberikan tanda pada e-mail yang Anda tarik dari Webmail UI sehingga mudah dikenali]

9. Klik “Add Account” dan.. voila!

Selamat.. Kini Anda sudah memindahkan secara penuh akun Webmail UI Anda ke dalam Gmail. Anda bisa membaca pesan yang masuk melalui Gmail dan bahkan mengirim pesan melalui Gmail atas nama e-mail Webmail UI Anda.

Selamat mencoba.

The best place to watch movies online.
Also you can watch tv shows online. Lots of free movie content.

You may also like...

2 Responses

  1. Besral says:

    Tanya Mas,

    Kalo mail Yahoo bisa ngak ditarik ke Gmail?

    Saya coba langkah yg sama, tapi kok ngak jalan ya?

    Terima kasih

    • raymond says:

      yahoo yang versi gratis tidak bisa, pak.
      bapak musti berlangganan dulu, kalo tidak salah namanya yahoo premium.

Leave a Reply