Studium Generale FE UI: Pengentasan Kemiskinan yang Berkelanjutan

Pengentasan rakyat dari kemiskinan dimulai dengan perbaikan tingkat produktivitas yang harus didukung dengan kebijakan strategis pemerintah.

Tema tersebut dibawakan oleh Prof. Suahasil Nazara, Ph.D dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dalam kuliah Studium Generale yang diberikan menggunakan video conference.

Kuliah yang diadakan pada hari Selasa, 22 Desember 2009 di ruang video conference PPSP UI, mengangkat judul “Pengentasan Kemiskinan yang Berkelanjutan”. Antara pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB pemirsa dari PPSP Universitas Indonesia, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, AMG Yogyakarta, AA-YKPN Yogyakarta, Universitas Bandar Lampung, dan IBI Darmajaya Bandar Lampung, menyaksikan kuliah yang dipandu oleh Dr. Djoni Hartono.

Prof. Suahasil Nazara, Ph.D mengawali kuliahnya dengan memaparkan grafik statistik tingkat kemiskinan di Indonesia dari tahun 1996 hingga 2009. Garis kemiskinan yang ditampilkan berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beragam faktor. Berikut ini adalah presentasinya:

Dalam kuliahnya, profesor yang juga ketua Departemen Ilmu Ekonomi FE UI ini, juga menjelaskan bahwa pengentasan kemiskinan di Indonesia bisa dimungkinkan melalui pertumbuhan ekonomi yang terus menerus. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu adanya beberapa prasyarat penting yang salah satunya adalah perbaikan tingkat produktivitas. Hal ini penting diperhatikan dalam konteks kebijakan strategis pemerintah Indonesia yang telah diambil.

Sama seperti kuliah studium generale sebelumnya, kuliah kali ini pun ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta. Dari keseluruhan peserta, terlihat bahwa peserta dari AMG Yogyakarta dan PPSP Universitas Indonesia cukup aktif mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang dibawakan. (ndp)

You may also like...

Leave a Reply