Video Conference Sosialiasi E-Learning Universitas Indonesia

Dalam rangka memasyarakatkan penggunaan e-learning kepada seluruh pengajar di Universitas Indonesia, PPSP mengadakan sebuah kegiatan sosialisasi e-learning. Sosialisasi ini diisi oleh ceramah dari Gatot F. Hertono, Kepala PPSP UI serta Prof. Sri Hartati, pengajar Fakultas Psikologi UI. Sekaligus untuk menginformasikan layanan yang dimiliki PPSP, sosialisasi ini dilaksanakan menggunakan media video conference dan disiarkan ke-12 fakultas di Universitas Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu 11 Februari 2009 di Video conference studio PPSP UI ini, diisi dengan 2 materi besar. Materi pertama adalah perkenalan e-learning di UI yang dibawakan oleh Gatot F. Hertono. Beliau memperkenalkan kegiatan e-learning yang sudah dikembangkan oleh UI.

Setelahnya, materi diisi oleh Prof. Sri Hartati, pengajar di Fakultas Psikologi UI sekaligus ahli di bidang e-learning. Materi yang disampaikan beliau, selain perkenalan tentang apa itu e-learning, adalah pengalaman yang dirasakannya selama menjalankan kegiatan e-learning. Dalam presentasinya, Prof. Sri Hartati membeberkan kelebihan serta kekurangan e-learning, serta tantangan-tantangan yang dihadapi oleh pengajar dan juga pelajar dalam kelas e-learning.

Kurang lebih 40 menit, kedua pembicara telah selesai menyampaikan materi. Sesi tanya jawab pun dimulai. Peserta tampak antusias dengan kegiatan, dilihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul. Kedua pembicara pun sibuk untuk menjawab seluruh pertanyaan. Bahkan beberapa pertanyaan, langsung dijawab oleh beberapa peserta yang kebetulan sedang hadir di dalam kegiatan, yaitu Muh. Anis, Wakil Rektor 1 dan juga Kiki Sugeng, staf Badan Penjaminan Mutu Akademik UI.

Sesi tanya jawab kemudian ditutup, karena waktu tidak mencukupi. Kegiatan pun ditutup sekitar pukul 12.45 WIB.

Berikut ini adalah file presentasi yang disampaikan oleh kedua pembicara:

You may also like...

5 Responses

  1. Abidin EP says:

    Maaf ya, kok selalu (baca: kadang-kadang, tapi sering) Program Pascasarjana tidak disebut-sebut.

  2. T Ahmad Danial says:

    maksudnya pak? apakah tidak dipanggil dalam sesi tanya jawab?
    trims

  3. Gatot F Hertono says:

    Untuk sosialisasi PHK-I 2009, karena memang sesuai panduannya lebih ditujukan untuk meningkatkan pendidikan S1 reguler, sehingga memang pada saat sosialisasi melalui VC, yang diundang oleh DPA adalah semua Wakil Dekan di UI. Tapi apabila ada event lain yang memang ditujukan untuk semua jenjang, maka kami pasti akan mengundang/melibatkan program pasca sarjana, seperti yang kami lakukan pada saat ada VC Women Dialogue tentang “Women Leadership” dg. presiden Liberia, Menteri Pemberdayaan Perempuan (Ibu Mutia Hatta), kami mengundang dari prodi Kajian Wanita di pasca.

  4. Sebagai Mahasiswi elarning sangat membantu kegiatan perkuliahan kami, untuk itu sebaiknya setiap Universitas dapat mempublikasikan elearning yang mereka punya agar menjadi bahan referensi untuk seluruh Mahasiswa/i dan meningkatkan mutu SDM Indonesia
    Untuk itu Universitas Gunadarma mempublikasikan http://elearning.gunadarma.ac.id sebagai bahan referensi Mahasiswa

  1. 12 February 2009

    […] difungsikan untuk kegiatan video conference, seperti video conference sosialisasi PHK-I 2009 dan sosialisasi e-learning UI yang baru saja […]

Leave a Reply